7 Aplikasi Mesin Kasir Toko (POS) Gratis Terbaik

Aplikasi kasir (POS) cuma-cuma itu laksana hujan duit dari pesawat. Mitos!!! Tapi tersebut dulu. Sekarang software kasir cuma-cuma memang ada, tapi anda tetap tetap kudu beli hardware guna menjalankan software-nya.

f:id:masirwin:20180414223531j:plain

Nah hardware tersebut dapat kombinasi antara mesin kasir/scanner/printer atau lumayan komputer/PC atau tablet saja. Kali ini DSG bakal share software kasir mana saja yang cuma-cuma dan terbaik.

Di susunan ini, terdapat yang benar-benar gratis/open source, terdapat yang freemium. Ada yang mesti diinstal secara lokal dulu software-nya. Oh ya, penomoran aplikasi tidak menandakan urutan ya. Berikut Aplikasi mesin kasir PC


1. Keyhut

Berdasarkan keterangan dari developernya, software kasir ini benar-benar cuma-cuma karena coding ialah hobinya dan didesain guna UKM. Aplikasi ini kompatibel dengan kombo mesin kasir/printer/komputer apapun yang anda punya, dan bahkan di masa depan akan ditambahkan kompatibilitas terhadap tablet.

Kalau usaha yang dipunyai masih usaha mikro, software dapat berjalan di PC rumahan sekitar Anda tidak masalah ngeprint bukti pembayaran di kertas biasa.

Walau gratis, software kasir ini dapat diandalkan kok. Sistemnya bagus, dapat menjalankan sejumlah jenis reports sekaligus tergolong laporan penjualan yang dicatatkan tiap-tiap karyawan.

Ada fitur manajemen karyawan dasar, CRM, dan fitur inventory tracking. Mendukung lebih dari 1 mesin kasir. Bahkan andai Anda melakukan pembelian versi berbayar-nya pun, support nya paling bagus.

Developernya ramah sekali menjawab email, meluangkan forum terbuka, serta dapat juga dihubungi lewat chat dan telepon pada jam kerja. Secara personal, menurut keterangan dari DSG website-nya charming dan menarik.

Berdasar screenshot nya, antarmuka aplikasi ini identik dengan yang dipakai di toko-toko ritel, jadi cukup lah.


2. uniCenta

uniCenta ketika ini ialah aplikasi kasir dengan nama besar. Sistemnya dapat menyaingi software POS manapun yang ditujukan guna UKM.

Mulai dari inventory management, reporting, CRM, dan fitur manajemen karyawan (banyak produk berbayar bahkan tidak mempunyai semua fitur yang sudah disebutkan). uniCenta bahkan didesain untuk sesuai dengan jenis hardware apapun – tergolong mobile.

Review pemakai terhadap software kasir uniCenta paling positif, tidak sedikit yang merasa terbantu dengan penyelesaian yang ditawarkan, terutama kenyataan bahwa software ini open source. Walau begitu, terdapat 1 review yang mengaku bahwa fitur reporting nya masih butuh pembenahan lagi.


3. ProffittCenter

ProffittCenter EPOS ialah aplikasi kasir cuma-cuma lainnya yang diciptakan oleh 1 orang. Seperti KeyHut, sistem ditujukan guna usaha ritel kecil. Bahkan tidak wah-wah amat guna ukuran software kasir (POS) gratis.

ProffittCenter awalnya ialah ‘mesin kasir digital’ -menerima uang, menulis diskon, dll. Aplikasi ini menjalankan reports dan inventory management yang terhubung ke proses order produk otomatis. Antarmuka-nya pun sangat gampang digunakan.

Support-nya pun keren, high level: dapat dihubungi lewat email, telepon, chat, dan tidak segan-segan merevisi codingan aplikasi. Oh ya, terdapat forum juga. Overall, menurut fiturnya yang ringkas dan seperlunya untuk UKM.

ProffittCenter bagus guna pelaku usaha yang baru mengenal aplikasi POS. Antarmuka-nya paling bagus dan sesuai untuk belajar mengoperasikan dan set up aplikasi POS.


4. TruePOS

Aplikasi kasir ini freemium, dari perusahaan POS asal India. Versi berbayarnya dapat digunakan di seluruh skala usaha sampai ritel enterprise, versi gratisnya lebih ditujukan ke UKM -hanya support 1 mesin kasir yang tidak hingga 100 transaksi per bulannya. Opsi ini bagus guna ritel kecil yang baru jalan, bila sudah berkembang dapat mencoba versi berbayar level kesatu ($30/bulan).

TruePOS ialah sistem terintegrasi yang dapat diakses dari tidak sedikit device -mesin kasir, PC, mobile. Walaupun berbasis web, namun masih dapat menyimpan penjualan ketika offline.

Fiturnya menyeluruh pula: inventori, CRM, reporting, dll.


5. VendHQ

Vend, sistem software kasir lainnya telah terkenal sebelumnya, dan baru-baru ini menawarkan versi cuma-cuma yang support 1 mesin kasir dan pemakai dengan <10 produk aktif dan sampai 1000 customer.

Lagi-lagi, ini ialah opsi guna ritel kecil dan yang berencana upgrade seiring perkembangan bisnisnya. Namun andai Anda punya stand di pasar atau kios di mall, software kasir ini dapat menjadi pilihan permanen yang paling bagus.

Seperti TruePOS, Vend ini berbasis cloud tapi dapat berjalan (dengan keterbatasan) ketika offline.

Memiliki tidak sedikit fitur, mudah dipakai pula. Aplikasinya cocok standar dan meluangkan fitur laksana inventory management, CRM, dll serta fitur unik laksana dollar for dollar loyalty program pagi semua pelaku usaha yang hendak berinovasi.


6. JPOS

JPOS ialah aplikasi kasir open source lainnya. Mereka menawarkan pilihan konsultasi/customer service berbayar dan versi software berbayar dimana pihak JPOS akan mengerjakan maintenance 100% melulu untuk bisnis Anda.

Karena open source, JPOS lebih sesuai jika Anda telah ada sumber daya yang dapat coding guna membuatkan software kasir custom sesuai keperluan bisnis Anda. Memang lebih ribet, namun JPOS telah support fitur keren laksana pembayaran via Safeway dan MasterCard.


7. Zero POS

Zero POS ialah sistem POS mobile berbasis cloud yang menawarkan tidak sedikit fitur unik seperti manajemen inventori, mobile payments, gift cards, dll. Ada versi premium dengan fitur lanjutan pun seperti toko online/eCommerce. Worth lah, minimal silakan dilihat-lihat dulu…

 

Yep, tersebut tadi solusi software kasir cuma-cuma dan open source yang terdapat di muka bumi ini. Sudah adakah yang anda gunakan? Kalo mau yang lengkap, mungkin anda bisa mencoba aplikasi kasir online omegasoft